Thursday 9 February 2012

Pythagoras dari Samos 570–480 SM

PythagorasDiperkirakan lahir pada pertengahan abad ke-6 SM, Pythagoras dikenal dengan hukum segitiga hasil pemikirannya. Pythagoras sama seperti Socrates, tetap menjadi figur “bayangan” yang tidak pernah menulis biografi diri dan lebih menyerahkan kepada murid-muridnya untuk merekam ilmu serta pemikirannya. Selain filosofi, Pythagoras juga memiliki ketertarikan terhadap mistis; aliran mistis yang ia perkenalkan, sampai saat ini merupakan sebuah ritual pemujaan dan doktrin yang aneh. Doktrinnya antara lain bahwa pemujaan = puasa = bersemangat. Ia juga mengakui adanya reinkarnasi dan perpindahan jiwa; Pythagoras jugalah orang yang paling bertanggungjawab terhadap ilmu numerologi yang kemudian dipopulerkan oleh Nostradamus.

Menurut Pythagoras, sifat dasar dari suatu realita adalah nomor. Pemikirannya ini sebenarnya diilhami oleh teorinya tentang musik, dimana ia membuktikan bahwa jeda antara nada-nada musik dapat dinyatakan sebagai rasio perbandingan diantara empat integer (bilangan bulat) pertama (nomor satu sampai empat). Bagian dari ajaran “agama” Pythagoras menyatakan bahwa musik membawa pengaruh yang besar terhadap jiwa, meresap ke dalam struktur alam semesta; ajaran bahwa nomor adalah sifat dasar daripada realita menyebar dengan sangat cepat dan mempunyai banyak pengikut.

Pengikut Pythagoras memuja pola numerik yang spesifik yang dinamakan “tetractys of the decad”. Diagram tetractys menggambarkan empat nomor pertama dalam sebuah segitiga yang tediri dari 10 titik.

image

Segitiga dan nomor 10 = masa sepuluh tahun (the decad) = objek pemujaan pengikut paham Pythagoras. Dalam pemikiran Pythagoras, angka 10 merupakan angka yang sempurna karena ia terbentuk dari empat integer pertama seperti yang ditunjukkan dalam gambar diatas. (Perhatikanlah bahwa setiap sisi dari segitiga tersebut tersusun dari empat titik yang kemudian totalnya ada 10 titik dan membentuk segitiga yang sempurna). Bilangan-bilangan bulat tersebut dianggap merepresentasikan ide-ide fundamental = nomor satu merepresentasikan titik, nomor dua- garis, tiga - permukaan, empat - kekuatan. Lebih jauh lagi, ia menganggap bahwa ada 10 bagian terpenting di alam semesta = lima "planet", matahari, bulan, bumi, dan kekuatan yang misterius dan tidak tampak.

Setelah kematiannya, pengikut Pythagoras terpecah menjadi dua aliran, yaitu yang memepertahankan ajaran agama dan mistisnya, dan golongan yang kedua adalah melestarikan pemikiran-pemikiran matematika dan scientific-nya. 

No comments:

Post a Comment