Thursday 9 February 2012

Nama Allah yang Tertinggi Derajatnya.

"Saya tidak pernah melihat orang yang paling banyak tersenyum kecuali Nabi Muhammad (SAW)." [Abdullah Ibnul Harith Ibn Jaz r.a]

Tulisan ini merangkum beberapa momen yang mengundang senyum Nabi Muhammad (SAW).


Diriwayatkan bahwa Aishah r.a berkata,

"Saya mendengar Nabi (SAW) berkata, "Ya Allah! Saya meminta kepada Mu dengan nama -Mu yang Tertinggi, yang Paling Suci, Nama yang Paling Engkau suka dan Nama yang jika disebut dalam doa maka Engkau akan mengabulkan doa itu.""

Kemudian Nabi (SAW) berkata,

Nabi (SAW) : "Ya Aishah, tahukah engkau bahwa Allah telah menuntunkan kepada nama - Nya yang jika disebut dalam doa maka Ia akan mengabulkannya?"

Aishah r.a : "Demi ayah dan ibuku, beritahukanlah kepadaku."

Satu jam berlalu dan Rasulullah (SAW) tidak menjawab apapun,

Aishah r.a : "Ya Rasulullah, kumohon katakanlah kepadaku."

Nabi (SAW) : "Kau tidak seharusnya tahu, dan akupun tidak akan memberitahumu. Dan jika pun engkau tahu, engkau seharusnya tidak menggunakan (Nama Tertinggi Allah tersebut) dalam doa untuk memohon kesenangan dunia dan seisinya."

Kemudian Aishah r.a mengambil wudhu kemudian sholat dua rakaat dan setelah selesau ia berkata,

Aishah r.a : "Ya Allah, aku memohon kepada Mu dengan nama Mu sebagai yang Maha Pengampun, aku memohon kepada Mu dengan nama -Mu sebagai al Barr (Maha Ghaib (Subtle), Maha Baik, Maha Benar, Maha Pemurah), dan Maha Paling Pengampun, dan aku memohon kepada Mu dengan nama-nama-Mu yang Paling Indah, baik yang aku tahu dan yang aku tidak tahu, kumohon ampunilah aku dan kasihanilah aku."

Nabi Muhammad (SAW) tersenyum dan berkata, "Engkau baru saja menyebutkan salah satu nama Nya yang Paling Indah."

Note : Diriwayatkan oleh Ibn Majah, No 3943

No comments:

Post a Comment