Thursday 9 February 2012

Perempuan ingin Haji bersama Nabi (SAW)

"Saya tidak pernah melihat orang yang paling banyak tersenyum kecuali Nabi Muhammad (SAW)." [Abdullah Ibnul Harith Ibn Jaz r.a]

Tulisan ini merangkum beberapa momen yang membuat Nabi Muhammad (SAW) tersenyum.


Diriwayatkan bahwa Ibn Abbas r.a berkata,

"Nabi (SAW) mengumumkan bahwa ia akan pergi haji; hal ini sampai ke telinga seorang perempuan yang kemudian berkata kepada suaminya,

Istri : "Bawalah aku serta pergi Haji bersama Nabi (SAW)"
Suami : "Aku tidak punya uang untuk membawamu serta pergi haji."
Istri : "Aku bisa naik unta yang biasa untuk mengangkut air."
Suami : "Itu unta cadangan untukku dan anakmu."
Istri : "Kalau begitu bawalah aku pergi haji dengan untamu yang lain."
Suami : "Aku sudah berniat untuk menyedekahkan unta itu di jalan Allah."
Istri : "Kalau begitu, jual saja biji palem-mu"
Suami : "Itu untuk kebutuhan makan kita."

Ketika Nabi (SAW) telah pulang dari Mekah, si istri menyuruh suaminya pergi menemui Nabi (SAW). Dan mengatakan kepada suaminya,

Istri : "Sampaikan salamku kepada beliau (SAW) dan tanyakan kepadanya, perbuatan apa yang pahalanya sama dengan pergi haji bersama Rasulullah (SAW)."

Kemudian sang suami pergi menemui Rasulullah (SAW), dan berkata,

Suami : "Ya Nabi (SAW), istriku menitipkan salam untukmu. Ia memintaku untuk membawanya pergi haji bersamamu saat itu, tapi aku tidak punya uang. Dan kemudian ia memintaku untuk membawanya pergi haji dengan menaiki untaku yang lain, tapi aku sudah berniat untuk menyedekahkan unta itu di jalan Allah."

Nabi (SAW) : "Jika kamu membawanya ikut serta berhaji, bukankah itu juga berpahala di hadapan Allah."

Nabi (SAW) sangat terharu dan tersenyum mendengar tentang kemauan kuat perempuan tersebut untuk pergi haji bersamanya.

Suami : "Ia juga berpesan kepadaku untuk bertanya, perbuatan apa yang pahalanya bisa menyamai pergi haji bersama rasulullah (SAW)."

Nabi (SAW) : "Sampaikan salamku kepadanya dan katakan padanya bahwa Umrah pada bulan Ramadhan sama pahalanya dengan pergi Haji bersamaku."

Note : Diceritakan kembali oleh Al Hakim dalam Al Mustadrak, dan juga oleh Ibn Khuzaymah dan lainnya.

No comments:

Post a Comment